Laman

Minggu, 27 Februari 2011

TULISAN SOFTSKILL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 1

1.NEGARA & WARGA NEGARA

Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.Inggris yang wilayahnya meliputi 2/3 pulau Britania, berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan dengan Wales di sebelah barat.Berbeda dengan Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, Inggris tidak memiliki pemerintahan dan parlemen lokal (setingkat dengan DPRD) sendiri.
Inggris Kewarganegaraan dapat diperoleh dengan cara berikut:

1. lex soli : Dengan kelahiran di Inggris untuk orang tua yang merupakan warga negara Inggris pada saat kelahiran, atau orangtua yang diselesaikan di Inggris
2. lex sanguinis : Dengan keturunan jika salah satu dari orang tua adalah warga negara Inggris selain dengan keturunan (misalnya karena kelahiran,, pendaftaran adopsi atau naturalisasi di Inggris).
3. Dengan naturalisasi
4. Dengan pendaftaran
Untuk tujuan kebangsaan, para Kepulauan Channel dan Pulau Man umumnya diperlakukan seolah-olah mereka bagian dari Britania Raya.
Leaflet dan saran yang menjelaskan bagaimana warga negara Inggris dan jenis lain kebangsaan Inggris dapat diselenggarakan, diterapkan, atau meninggalkan tersedia dari Home Office UK Border Agency (sebelumnya dikenal sebagai Badan Perbatasan dan Imigrasi atau BIA).Informasi juga tersedia dari Kantor Beranda pada ketentuan untuk mengurangi Tanpa Kewarganegaraan.
Hanya warga negara selain dengan keturunan yang dapat mewariskan kewarganegaraan mereka untuk anak-anak mereka lahir di luar Inggris secara otomatis; warga oleh keturunan hanya bisa mewariskan kewarganegaraan untuk anak-anak mereka non-Inggris dilahirkan oleh mendaftarkan mereka.

2.HAK DAN KEWAJIBAN

Hak dan kebebasan yang terkandung dalam Kisah Para Rasul telah dihasilkan dari perjuangan yang dilakukan oleh orang-orang dan perwakilan mereka terhadap kekuasaan absolut penguasa mereka pada waktu itu. Bertindak kunci adalah Magna Carta di 1215, habeas Corpus pada tahun 1679 dan Bill of Rights tahun 1689. tindakan lebih lanjut yang kemudian telah lulus memperpanjang hak dan kebebasan warga Inggris, untuk contoh perbudakan dihapuskan pada 1833, sebuah Race Relations Act disahkan pada tahun 1976 dan Data Protection Act disahkan pada tahun 1984. Selain undang-undang ini internal, tiga perjanjian internasional memiliki pengaruh pada hak-hak di Inggris. Yang pertama adalah Deklarasi PBB tentang Hak Asasi Manusia, disepakati pada tahun 1948, yang kedua adalah Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia, yang ditandatangani pada tahun 1950, dan yang ketiga adalah Perjanjian Maastricht yang telah disetujui oleh semua UE negara anggota pada akhir tahun 1993 .

Sebagai hasil dari perjanjian di atas, warga negara Inggris memiliki hak dan kebebasan dasar sebagai berikut:

-kebebasan bergerak;
-kebebasan dari penangkapan sewenang-wenang atau pencarian polisi tidak bisa dibenarkan;
-kebebasan hati nurani dalam hal agama dan politik;
-kebebasan berekspresi;
-kebebasan berserikat, termasuk hak untuk protes damai;
-sosial kebebasan - seperti hak untuk menikah, perceraian, aborsi mendapatkan atau memiliki hubungan homoseksual, hak untuk memilih dan untuk berdiri untuk pemilihan;
-hak atas pengadilan yang adil;
-hak untuk tidak dipaksa atau disiksa oleh agen-agen negara;
-hak untuk tidak menjadi sasaran pengawasan tanpa proses hukum karena;
-hak untuk memiliki properti.

3.HAM

Universal Declaration of Human Rights (1948) adalah sebuah pernyataan dari seluruh umat manusia mengenai HAM. Meskipun dalam sejarahnya terdapat banyak perdebatan dalam pembentukanya, namun akhirnya deklarasi tersebut dapat diterima oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948. Sebelum pembentukannya oleh PBB, sejarah mencatat ada beberapa instrumen HAM yang dianggap sebagai pendahulu UDHR. Istrumen-instrumen tersebut adalah :

1) Piagam PBB
2) Magna Charta (1215)
3) Bill of Rights (1689)
4) Declaration of Independence, USA (1776)
5) Bill of Rights, USA (1791)
6) Declaration of The Rights of Man and The Citizen, Prancis, (1789)
Beragam instrumen tersebut menjadi inspirasi dan sumber dalam pembentukan UDHR 1948. Ide pengaturan hak asasi manusia pada awalnya timbul bersamaan dengan kelahiran Perserikatan Bangsa-Bangsa, akan tetapi belum mencapai kesepakatan antarnegara. Ide itu tercetus karena dipengaruhi oleh kekejaman yang terjadi selama Perang Dunia Kedua, dimana Adolf Hitler dengan sadisnya melakukan pembantain terhadap jutaan kaum Yahudi dengan cara-cara yang sangat tidak berperikemanusiaan

4.DEMOKRASI

Tahun 1215, Magna Carta ditanda tangai hasil pemaksaan para bangsawan terhadap Raja John yang kemudian terciptalah Parlemen atau Badan pembuat hukum yang menyatakan bahwa hukum tertulis lebih berkuasa daripada raja dengan demikian kekuasaan keluarga kerajaan mulai dibatasi dan rakyat mulai mendapat sebagian kekuasaan. Selanjutnya kekuasaan Parlemen semakin menguat dengan munculnya berbagai peraturan yang membatasi kekuasaan raja. Semkia nkuat Parlemen, semakin banyak hak hak rakyat untuk menyatakan pendapatnya. dasar-dasar demokrasi Inggris inilah yang mengilhami dan mempengaruhi pemerintahan amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar